PROGRAM HONOR GURU PAUD DARI PNPM


PROGRAM HONOR GURU PAUD DARI PNPM

Siang itu tanggal 01 juni 2014 di kantor Desa, Desaku Payolebar. Guru PAUD berkumpul tepat jam 2, bukan tanpa maksud, mereka berkumpul di tengah teriknya matahari yang menyengat.
Ya..... hari ini adalah tepat berakhirnya program honor yang di berikan PNPM di Desa Payolebar. Desaku, adalah desa pertama penerima program insentif untuk guru PAUD. Dengan adanya program ini, terlihat jelas manfaatnya bagi penerimanya.
Banyak dari mereka yang menggunakan uang tersebut untuk biaya kuliah di universitar. Hingga mereka yang awalnya hanya lulusan SLTA, bisa meraih gelar sarjana pendidikan paud. Sungguh program yang sangat luar biasa. Siapa nyana uang yang diberikan selama 21 bulan itu, bisa menghasilkan generasi penerus bangsa yang berpendidikan tinggi. Sehingga bisa memberikan pengajaran dengan kualitas terbaik bagi anak didik mereka.
Tak pelak lagi, program ini terasa begitu tepat sasaran. Mereka yang awalnya hanya guru biasa, tanpa titel, dengan bantuan program ini, akhirnya bisa menjadi guru dengan titel, yang tentunya di barengi pula dengan kualitas yang mumpuni.
Dan saat program ini berakhir, terlihat jelas raut kesedihan di wajah mereka, mungkin dalam benak mereka terbesit berkurangnya tambahan penghasilan mereka. Bagaimana tidak!!!! Dapat di bayangkan honor dari program PNPM ini, ternyata lebih besar dari gaji pokok mereka, gaji mereka hanya Rp.300.000/bulan, yang sungguh tidak sesuai dengan kerja mereka yang full 6 hari dalam seminggu, sedangkan dari PNPM, berkisaran Rp. 550.000/ bulan, sungguh ironis memang, di tengah perjuangan mereka untuk mencerdaskan anak bangsa, mereka hanya di gaji Rp. 300.000/bulan. Di bandingkan dengan biaya hidup yang semakin mahal, apalah artinya uang Rp. 300.000. tapi toh ternyata mereka tetap mengajar, membagi ilmu untuk anak-anak kecil berwajah polos.
Tak dapat di elakkan, program pendidikan anak usia dini, sangatlah menentukan kecerdasan anak suatu bangsa. Untuk menjadi seorang yang berguna, tentulah pendidikan dari usia dini memegang peranan yang sangat penting.
Maka ketika ada program honor guru PAUD dari PNPM, mereka menyambutnya dengan antusias, dengan penuh syukur, mereka sangat terharu karna mereka merasa di perhatikan dan tidak dilupakan. Dari mereka yang tidak tahu tentang PNPM, akhirnya mereka tahu. Bahwa PNPM adalah donatur yang membantu mereka melanjutkan pendidikan. Dan ada yang lucu, mereka menyebut awal bulan adalah bulan PNPM. Karna pada awal bulan itulan, mereka menerima cairan dana dari PNPM.
Ada banyak kisah yang ingin saya bagi tentang program PNPM ini. Tapi mungkin sekelumit tulisan di atas, cukup kirannya untuk memberitahukan bahwa program ini benar “tepat sasaran,banar” membantu para pahlawan tanpa tanda jasa.
Akhir kata, sebagai KPMD Desa Payolebar, saya berharap sekali agar program ini tetap diadakan agar setelah desa payolebar, akan ada desa-desa lain yang juga bisa merasakan manfaat dari program ini. Saya banga dengan PNPM karna menjangkau orang-orang yang tidak terjangkau. Membantu orang-orang yang tidak terbantu.
Terima kasih PNPM
Engkau bagian dari honor kami

Engkau bagian dari titel kami

0 Response to "PROGRAM HONOR GURU PAUD DARI PNPM"

Post a Comment