LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS KEGIATAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TENTANG MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN

BAB III
RENCANA PERBAIKAN

A.      Informasi Subjek Penelitian
          1.       Lokasi
Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisiyah Bustanul Atfhal III Desa Payolebar Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun Jambi.
2.       Waktu
Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran  2013/2014 sejak tanggal 03 Maret sampai 07 Maret 2014 untuk siklus I dan 10 Maret sampai 14 Maret 2014 Untuk Siklus II.
3.       Tema
Tema dalam penelitian ini adalah Air, Udara dan Api dengan Sub Tema Air pada Siklus I dan Sub Tema Api pada Siklus II.
4.       Kelompok
Penelitian dilaksanakan pada kelompok B TK Aisyiah Bustanul Atfhal III yang berjumlah 15 anak dengan karakteristik yang berbeda-beda.
5.       Karakteristik Anak
Karakteristik anak kelompok B TK Aisyiah Bustanul Atfhal III pada umumnya mempunyai kemampuan di atas rata-rata, karena kurang stimulasi berhitung dari lingkungan keluarga terutama kedua orang tuanya, maka anak kurang mampu menerima rangsangan dari guru. Anak akan lebih tanggap apabila terbiasa di stimulasi dari lingkungan terdekatnya. 

B.      Deskripsi Rencana Tiap Siklus
1.       Siklus 1
a.       Rencana Pelaksanaan
Untuk rencana pada siklus 1 dengan tema air, udara dan api, dengan tujuan meningkatkan kemampuan berhitung. Langkah-langkah perbaikan yang dilakukan adalah kendala atau sebab apa sampai terjadi pencapaiaan tujuan pembelajaran tidak tercapai, apa Karena penerapan atau penggunaan metode yang kurang maka hal perlu di lakukan perubahan penggunaan metode yang dapat menarik motivasi belajar anak.
b.      Prosedur Pelaksanaan
Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada siklus 1 antara lain membuat rencana kegiatan harian ( RKH ) di siklus I dilakukan tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada RKH I tanggal 03 Maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan mengisi air kedalam gelas. Dan menghitung gelas yang telah berisi air.
Tanggal 04 Maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan mencari botol tempat air dan menghitung / membilang banyaknya botol  yang telah di peroleh.
Tanggal 05 maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan tentang cerita atau mengungkapkan pencampuran warna dan menghitung gelas yang telah di isi air berwarna.
Tanggal 06 maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan membuat urutan bilangan 1-10 dengan gambar gelas dan membilang.
Tanggal 07 maret 2014 anak-anak melakukan kegiatan menghubungkan kata “Balon dengan Gambar Balon” dan membilang banyaknya balon.
c.       Rencana Pengamatan, Pengumpulan Data dan Instrumen
a.       Pengamatan
Berdasarkan hasil pengamatan dari Siklus I dengan lima atau lima kali pertemuan dapat di ambil kesimpulan anak belum maksimal menerima semua kegiatan oleh sebab itu penulis perlu memperbaiki metode pembelajaran untuk hasil yang lebih baik lagi.
b.       Pengumpulan Data
Dari hasil siklus 1 dengan tema air, udara, dan api dan sub tema air, masih perlu di tingkatkan lagi, Karena masih ada beberapa anak yang belum memahami dan mencapai target tujuan pembelajaran.
c.       Instrumen
Beberapa instrumen yang digunakan antara lain :
1.             Observasi
2.             Unjuk Kerja
3.             Penugasan
d.      Refleksi
Refleksi dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, 5 kali pertemuan dapat di tarik kesimpulan bagaimana hasil pembelajaran, sesuai atau tidak dengan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan cara menyiapkan lembar penilaiaan terhadap anak. Berapa anak yang sudah mampu, sedang dan berapa anak yang belum mampu yang masih perlu di tingkatkan lagi.
Refleksi dilakukan untuk koreksi guru sudah berhasilkah kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan sebagai bahan acuan dari hasil pengamatan siklus 1 dapat di simpulkan bahwa masih banyak kekurangan yang terjadi sehingga masih perlu perbaikan pada siklus berikutnya.
2.       Siklus II
          a.       Rencana Pelaksanaan
Untuk rencana siklus 11 dengan tema air, udara dan api sub tema udara dan api dengan tujuan mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui metode karyawisata. Langkah-langkah perbaikan dengan cara mengidentifikasi kekurarangan-kekurangan disiklus 1 dan diperbaiki pada siklus ke 11. Hal-hal yang mungkin menjadi penyebab adalah kurangnya tempat yang pas sebagai pendukung tema kegiatan pembelajaran anak.
b.      Prosedur Pelaksanaan
Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilakukan disiklus 11 antara lain pembuatan Rencana Kegitan Harian (RKH). Pada siklus 11 dilakukan kegiatan-kegiatan yaitu kegitan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir.
Tangggal 10 maret 2014 kegiatannya adalah anak mengelompokkan balon sesuai warna dan membilang balon yang mempunyai warna sama dan menjumlahkan.
Tanggal 11 maret 2014 kegiatannya adalah membilang gambar balon udara dan menghubungkan gambar bola dengan angka yang sesuai.
Tanggal 12 maret 2014 kegiatannya adalah membuat gambar pohon tertiup angin, membuat gambar layang-layang dan membilang gambar layang-layang.
Tanggal 13 maret 2014 kegiatannya adalah menghitung batang korek api dan menunjuk lambang bilangan 1-5 pada gambar obor.
Tanggal 14 maret 2014 kegiatannya adalah menghubungkan gambar obor dengan tulisan obor. Mengukur panjang buku dengan batang korek api dan meniru lambang bilangan 1-8 dengan gambar tungku api.
c.       Rencana Pengamatan, Pengumpulan Data dan  Instrumen
a.       Pengamatan
Pada siklus 11 ini dengan RKH lima kali pertemuan dapat disimpulkan oleh penulis bahwa anak lebih menyenangi metode yang dilakukan anak kelihatan lebih aktif  dalam menyelesaikan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang diberikan.
b.       Pengumpulan data
Siklus II ini dapat di ambil kesimpulan bahwa pada tema air, udara, dan api dengan sub tema udara dan api dapat di lihat memaksimalkan tujuan pembelajaran, Karena anak paling suka main yang mengandung udara dan api, biasanya anak suka bermain air dan udara.
Dari hasil pengumpulan dan membuktikan bahwa siklus ke II lebih baik dari pada Siklus I, Karena sudah hampir semua anak mengerti apa itu hitung berhitung.
c.       Instrumen
Instrumen yang di gunakan pada siklus ke II diatas adalah
1.             Observasi
2.             Unjuk Kerja
3.             Penugasan
d.      Refleksi
Refleksi dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Pada siklus II terdiri dari RKH 5 kali pertemuan pada tanggal 10 Maret sampai 14 Maret 2014 dengan tema : air, udara dan api sub tema udara dan api.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan cara mengamati hasil belajar anak, menyiapkan lembar instrumen, lembar observasi dan unjuk kerja atau penugasan.
Refleksi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sampai dimana keberhasilah yang telah di capai selama 5 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus II sudah menunjukkah peningkatan kemampuan berhitung anak hingga 80%.

1 Response to "LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS KEGIATAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TENTANG MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN"

  1. Lucky Club | Live | Live, Casino and more | LuckyClub
    We are your ideal choice for the ultimate luckyclub.live Vegas club experience! Come out to play at Lucky Club and experience the true Vegas magic and thrills.

    ReplyDelete